Perayaan Hari Raya Waisak 2022 Jatuh Tanggal Berapa, Ini yang Diperingati dan Tujuan Hari Raya Waisak

- 14 Mei 2022, 11:00 WIB
Perayaan Hari Raya Waisak 2022 Jatuh Tanggal Berapa, Ini yang Diperingati dan Tujuan Hari Raya Waisak
Perayaan Hari Raya Waisak 2022 Jatuh Tanggal Berapa, Ini yang Diperingati dan Tujuan Hari Raya Waisak /Instagram.com/@infoborobudur

BERITA DIY - Temui jawaban dari perayaan Hari Raya Waisak 2022 jatuh di tanggal berapa, serta tujuan dari perayaan Hari Raya Waisak dan memperingati apa.

Hari Raya Waisak tahun 2022 akan jatuh pada tanggal 16 Mei 2022 di hari Senin dan ditetapkan sebagai Hari Libur Nasional.

Hari Raya Waisak merupakan hari suci bagi umat Buddha. Setiap tahunnya, Hari Raya Waisak dirayakan sebagai bentuk perayaan dan pengingat akan kelahiran dan kematian Sang Buddha.

Baca Juga: Link Download Twibbon Hari Raya Waisak 2022, 16 Mei Apakah Tanggal Merah dan Daftar Libur Nasional?

Di Indonesia, perayaan Hari Raya Waisak mengikuti keputusan World Fellowship of Buddhist atau WFB yang mana WFB ini merupakan sebuah konferensi persaudaraan Buddhis sedunia.

Dikarenakan pemerintah menerapkan Hari Raya Waisak sebagai Hari Libur Nasional, maka penanggalan kalender pada Senin, 16 Mei 2022 mendatang merupakan tanggal merah.

Saat Hari Raya Waisak, biasanya penganut Buddha di Indonesia akan berkunjung ke wihara untuk melakukan serangkaian proses ibadah dan doa.

Baca Juga: Tanggal Merah dan Libur Bulan Mei 2022 Setelah Hari Raya Idul Fitri, Ada Waisak hingga Kenaikan Isa Almasih

Di pulau Jawa, setiap tahun saat tiba perayaan Hari Raya Waisak ritual di Hari Raya Waisak dipusatkan secara nasional di komplek Candi Borobudur, Jawa Tengah.

Mengingat Candi Borobudur merupakan salah satu peninggalan sejarah peradaban terbesar agama Buddha di tanah Jawa dan masih mengalir darah peninggalan dari Dinasti Syailendera.

Halaman:

Editor: F Akbar


Tags

Terkini

Terpopuler

Terpopuler Pikiran Rakyat Network