Uang Kripto Kian Merosot, Perang Rusia dan Ukraina Disebut Jadi Penyebab Terra Luna Turun 90 Persen

- 15 Mei 2022, 09:20 WIB
Uang kripto ternama seperti Bitcoin, Ethereum, hingga Terra Luna mengalami penurunan dalam beberapa pekan terakhir.
Uang kripto ternama seperti Bitcoin, Ethereum, hingga Terra Luna mengalami penurunan dalam beberapa pekan terakhir. /Pixabay/WolrdSpectrum

PIKIRAN RAKYAT – Uang kripto ternama seperti Bitcoin dan Ethereum hingga Terra Luna terus mengalami penurunan dalam sepekan terakhir.

Tekanan ekonomi dan kekhawatiran inflasi dinilai mengakibatkan adanya gerakan menjual uang kripto di seluruh dunia yang membuat uang kripto kian merosot.

Dalam seminggu terakhir saja, Bitcoin dan Ethereum mengalami tren penurunan lebih dari 20 persen. Bahkan ada juga uang kripto Terra Luna yang turun drastis hingga 90 persen.

Dalam keterangan yang dikutip dari Antara, Analis dan praktisi hukum di Frans & Setiawan Law Office, Hendra Setiawan Boen mengatakan di balik penurunan harga kripto ada peran perang Rusia dan Ukraina yang mengakibatkan terganggunya pergerakan ekonomi Eropa.

Baca Juga: Rusia Peringatkan NATO Usai Finlandia Umumkan Pengajuan Keanggotaan

Selain itu, kata dia, kenaikan faktor suku bunga pinjaman juga memberi dampak inflasi yang cukup tinggi dan terus naik.

Oleh karena itu, karena tidak memiliki fundamental yang pasti dalam hal mata uang kripto, para investor cenderung menjual aset miliknya yang berisiko

“Selama perang antara Rusia dan Ukraina masih berlangsung kemungkinan kripto akan terus turun karena kinerja stablecoin Terra USD juga terus memburuk. Selain itu, pasar kripto juga menunjukkan arah bubble karena memang overvalue. Koreksi terhadap harga akan terjadi cepat atau lambat,” kata Hendra dalam keterangan tertulis yang diterima di Jakarta, Sabtu.

Baca Juga: Sambut Hangat Jokowi di Space X, Elon Musk Terima Undangan Presiden dan Bakal Kunjungi Indonesia Akhir Tahun

Halaman:

Editor: Puji Fauziah

Sumber: Antara

Tags

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network