Pengamat Politik Menilai Koalisi Golkar, PAN dan PPP Tinggal Tentukan Capres dan Cawapres

- 14 Mei 2022, 15:09 WIB
Pengamat politik M Qodari
Pengamat politik M Qodari /Tangkapan layar YouTube Talk Show tvOne


PIKIRAN RAKYAT - Baru-baru ini Partai Golkar, PAN dan PPP mengumumumkan koalisi baru pada Kamis, 12 Mei 2022.

Pengamat politik sekaligus Direktur Eksekutif Indo Barometer, Muhammad Qodari, menilai koalisi dari tiga partai itu merupakan bentuk koalisi yang paling konkret dan nyata.

Muhammad Qodari juga menganggap koalisi tersebut sebagai komposisi yang sempurna.

“Dalam koalisi ini ada Golkar partai nasionalis lalu partai berbasis Islam tradisional PPP dan Islam modernis yakni PAN,” kata Qodari kepada media, di Jakarta, Sabtu, 14 Mei 2022.

Qodari melihat ini adalah koalisi yang paling nyata hari ini menuju 2024, karena gabungan ketiga parpol sudah memenuhi syarat pencalonan Pilpres 2024 mendatang.

Baca Juga: Rencana Pemekaran Tiga Daerah di Jawa Barat Disetujui DPRD, Pemprov Diminta Siapkan Dana

Kursi parlemen koalisi ketiga partai tersebut telah jauh melebihi ambang batas Presidential Threshold yang hanya 115 kursi saja.

“Ini saya kira sudah sangat sempurna. Pekerjaan rumah koalisi Indonesia Bersatu ini tinggal mencari figur calon presiden dan calon wakil presiden saja,” ucap Qodari.

Qodari bahkan mengakui koalisi ini sebagai inisiatif awal yang sangat tepat. Apalagi jika berbicara peta politik menuju Pilpres 2024.

"Jika melihat Pilpres 2024, kita tidak lagi bicara soal popularitas individu tetapi yang lebih penting adalah syarat pengajuan dari partai politik,” ungkap Qodari.

Halaman:

Editor: Julkifli Sinuhaji


Tags

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network