4 Cara Mengatasi Pertanyaan Sulit Saat Sidang Skripsi

- 14 Mei 2022, 16:50 WIB
Ilustrasi - Berikut cara mengatasi pertanyaan sulit saat sidang skripsi
Ilustrasi - Berikut cara mengatasi pertanyaan sulit saat sidang skripsi /Pixabay/mohamed_hassan

PIKIRAN RAKYAT – Dalam dunia perkuliahan pasti tidak asing dengan adanya sidang skripsi yang dilakukan ketika di masa-masa akhir perkuliahan. Sidang skripsi adalah perjuangan akhir bagi seorang mahasiswa untuk memperoleh gelar.

Sidang skripsi akan menjadi salah satu momen paling penting bagi mahasiswa. Perjuangan menuntut ilmu yang dilakukan selama 4-5 tahun akan ditentukan lulus atau tidaknya saat itu juga. 

Dalam sidang skripsi, salah satu kegiatan yang akan dilakukan adalah tanya jawab. Sehingga  mahasiswa harus menguasai dan memahami materi itu sendiri.

Banyak mahasiswa yang berjuang menyelesaikan ujian akhirnya untuk lulus di Universitas. Tidak sedikit juga mahasiswa mengeluh karena mengerjakan skripsi yang tidak semudah itu.

Baca Juga: Tes Logika: Ada Robot Berteman dengan Manusia, Bisa Temukan Dia? Waktu Anda 10 Detik

Banyak hal-hal yang harus dikerjakan mulai dari penentuan judul, pengerjaan materinya hingga adanya pertanyaan-pertanyaan yang akan diuji oleh dosen di sidang skripsi nanti.

Banyak pertanyaan-pertanyaan yang dosen penguji tanyakan di sidang skripsi, tetapi bagaimana jika kita tidak bisa menjawab pertanyaan itu? Saking pentingnya momen tanya jawab dalam sidang skripsi ini, membuat mahasiswa menjadi sangat gugup  hingga akhirnya tidak bisa menjawab pertanyaannya.

Lalu apa yang bisa dilakukan ketika seorang mahasiswa yang tidak bisa menjawab pertanyaan dari dosen penguji?Pemilik akun TikTok @hendi.motivasi yang juga dosen dari Universitas Negeri Semarang (UNNES) memberikan 4 cara mengatasi pertanyaan sulit dijawab pada saat sidang skripsi.

Baca Juga: Mengenal Paul McCartney, Salah Satu Musisi Legenda dari The Beatles

  1. Akui Ketika tidak bisa menjawab

Dari beberapa kasus, ada sebagian mahasiswa yang sedang sidang skripsi mendapatkan pertanyaan yang tidak dikuasai, sehingga ketika dosen menanyakan pertanyaan mengenai isi dari skripsi, mahasiswa tidak bisa menjawabnya. 

Halaman:

Editor: Abdul Muhaemin


Tags

Terkini

Terpopuler

Pikiran Rakyat Media Network